Kejenuhan dalam pernikahan dapat mendera pasangan manapun, terutama yang telah menjalani pernikahan lebih dari 5 tahun. Usir jauh kejenuhan itu agar Anda dapat me-refresh pernikahan menjadi lebih menarik!

Di awal pernikahan, semua terasa begitu ‘menantang’ dan menyenangkan karena banyak hal yang baru pertama kali dilakukan. Pasangan baru yang masih beradaptasi memang kadang berselisih, namun kedua belah pihak biasanya berusaha untuk berkompromi. Intinya, kejenuhan bukanlah kata yang akan muncul di awal masa-masa pernikahan.
Kejenuhan dapat berujung perpisahan
Berbeda dengan pasangan yang sudah cukup lama menikah (biasanya di atas 7 tahun), dan memiliki anak, kegiatan sehari-hari biasanya sudah menjadi rutinitas. Mulai dari menyiapkan anak pergi sekolah, bersiap pergi ke kantor atau membereskan rumah, terbenam dalam kesibukan hingga bermacet-macet ria di sore hari.
Menurut Sharon Gilchrest O’Neill, seorang terapis perkawinan dan keluarga yang juga penulis buku, “Dua orang dewasa yang tenggelam dalam rutinitas bak dua anak yang melakukan parallel play. Bermain sendiri-sendiri tanpa terkoneksi.” Jika dibiarkan, kejenuhan seperti ini akan membahayakan pasangan karena banyak yang kemudian berusaha mencari hal-hal yang menyenangkan di luar rumah. Tak heran jika kemudian banyak yang terdorong untuk berselingkuh atau bahkan berpisah.
Jadikan pernikahan Anda menarik
Sebuah penelitian dilakukan oleh Helen Fisher, profesor di bidang antropologi dari Universitas Rutgers, New Jersey, Amerika Serikat, mengenai aktivitas yang terjadi di otak kala orang jatuh cinta. Ia melakukan penelitian dengan dua kelompok kontrol yaitu pasangan muda yang baru jatuh cinta, serta pasangan yang sudah 2 dekade menikah namun menyatakan masih saling cinta.
Dalam pemindaian otak menggunakan alat PET Scan, terlihat bahwa otak di bagian VTA atau ventral tegmental area pada kedua kelompok ini sama-sama aktif (menyala). Kondisi ini terjadi kala kita mengalami hal yang menantang atau mengasyikkan sehingga kadar neurotransmitter bernama dopamin muncul lebih banyak. Ini membuktikan bahwa pasangan yang dapat menemukan hal-hal menarik dalam hubungan mereka, akan jauh dari rasa jenuh.

Cegah sejak dini
Ada beberapa hal yang bisa diusulkan bagi para pasangan yang sedang mengalami kejenuhan pernikahan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Setiap pernikahan perlu komunikasi yang baik. Tanpa adanya komunikasi yang baik, kemungkinan perselisihan pun akan lebih mudah terjadi. “Berkomunikasi memang memiliki dua mata pisau, jika dilakukan dengan benar maka dapat mempertahankan hubungan, dilakukan sebaliknya, justru akan menghancurkan,” tutur John M. Grohol, Spy.D., pendiri sekaligus CEO dari Psych Central.
  1. Cari kegiatan seru untuk dilakukan berdua. Sebuah ‘joint activities’ atau kegiatan bersama yang dapat menjadi jeda dari rutinitas sekaligus membuat pasangan saling memahami satu sama lain. Couples time atau waktu bersama pasangan adalah hal yang penting dilakukan pasangan untuk menghindari kejenuhan.
  1. Dukung pasangan untuk memiliki hobi. Menikah bukan berarti harus mendedikasikan 100% waktu kita untuk pasangan. Ada saat di mana baik suami maupun istri butuh pengalihan sementara dengan melakukan kegiatan yang bisa dinikmati sendiri (hobi). Entah itu berkebun, memasak, atau bermain alat musik, pasangan akan merasa tertarik satu sama lain karena memiliki hobi yang berbeda.
  1. Mencoba sesuatu yang baru. Melakukan hal-hal yang baru akan mendorong lebih banyak dopamin yang dihasilkan tubuh. Carilah berbagai kegiatan baru untuk dilakukan, termasuk dalam berhubungan intim. Mencoba posisi baru dalam bercinta tidak hanya membuat Anda lebih semangat tapi juga lebih percaya diri.

Ingatlah bahwa untuk melakukan hal ini, Anda juga membutuhkan partisipasi pasangan. Ajak ia untuk mengusir kejenuhan dengan menemukan hal-hal baru yang membuat Anda berdua lebih bersemangat menjalani pernikahan.
Referensi:

  • 9 steps to better communication today. www. psychcentral.com
  • 5 Ways To Deal With Boredom In Your Marriage https://www.huffingtonpost.com/2014/02/13/how-to-deal-when-youre-bo_n_4783055.html
  • Dull days wreck a marriage faster than fighting http://www.nbcnews.com/id/30808963/ns/health-behavior/t/dull-days-wreck-marriage-faster-fighting/#.WlyUdEuYNMU
Share.

Comments are closed.

Exit mobile version