[pullquote]Sakit kepala bisa merupakan salah satu gejala flu, batuk pilek, infeksi telinga atau radang sinus. Dan inilah yang paling sering menjadi penyebab sakit kepala. Infeksi yang lebih berat perlu diwaspadai bila sakit kepala disertai gejala lain seperti leher kaku, kesadaran makin menurun, sakit kepala berat, atau demam tinggi yang memberat.[/pullquote]
Apakah kepalanya terbentur ?
[dropcap style=”font-size: 60px; color: #83D358;”]A[/dropcap]nak-anak seringkali bermain dan kemudian terbentur di kepala. Benturan ini bisa menimbulkan sakit kepala sementara. Kebanyakan tidak berbahaya. Kecuali jika anak jatuh dari ketinggian atau terbentur keras di kepala. Waspada pula bila sakit kepala disertai dengan muntah-muntah atau kesadarannya menurun (bicara kacau, tampak mengantuk terus, tidak sadar).
Apakah ada yang sedang dipikirkan ?
Anak-anak pun bisa stres. Dalam kondisi ia sedang dalam tekanan baik dari orang tua, guru, atau teman, anak bisa mengeluhkannya sebagai suatu sakit kepala. Kebanyakan keluhan ini disebabkan anak depresi tetapi tak bisa mengungkapkan atau mengenali perasaan sedih atau kesepian.
Apakah ada riwayat keluarga ?
Sakit kepala bisa karena faktor keturunan, misalnya sakit kepala tipe migrain pada keluarga yang memang memiliki bakat migrain. Keluarga dengan mata minus seringkali manifestasinya terjadi pada saat anak masih kecil. Keluhannya sering pusing bila terlalu lama melihat jarak jauh, mungkin ia memerlukan kacamata.
anak-sakit-kepala
Apakah mungkin terjadi gangguan susunan saraf pusat ?
Tumor otak jarang terjadi pada anak tetapi bisa menjadi penyebab sakit kepala yang perlu diwaspadai. Di antara jenis tumor, tumor otak termasuk deretan keganasan terbanyak pada anak. Gejala sakit kepala biasanya disertai gangguan penglihatan (pandangan ganda, tidak melihat satu sisi, dan sebagainya), muntah-muntah, atau gangguan kordinasi gerakan.
Kapan harus ke dokter ?
Saat anak mengeluh sakit kepala berat yang menyebabkan ia tak bisa beraktivitas, tentu orangtua merasa khawatir. Yang bisa dilakukan adalah menenangkan anak dan memintanya istirahat.
Bila sakit kepala terus dikeluhkan anak, bahkan semakin berat atau semakin sering, dan ibu tak berhasil menemukan penjelasannya, ada baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter. Perhatikan beberapa rambu berikut :

  1. Sakit kepala terjadi lebih dari satu kali sebulan.
  2. Tidak mudah hilang baik dengan istirahat atau dengan obat sakit kepala.
  3. Sangat nyeri, hingga membuat anak tak bisa beraktivitas.

Segera hubungi dokter (instalasi gawat darurat) bila :

  1. Kesadaran menurun.
  2. Muntah menyemprot tanpa disertai mual (tiba-tiba muntah).
  3. Sakit kepala yang membuat anak terbangun dari tidur.
  4. Kejang.
  5. Gangguan penglihatan mendadak.
  6. Lemah atau gangguan gerakan.
  7. Sulit berjalan, tampak pincang, tidak bisa berdiri.
  8. Tidak bisa bicara.
  9. Sakit leher atau kaku leher.
  10. Tidak bisa aktivitas.
  11. Perubahan kepribadian (menjadi pelupa, menjadi pemarah).
  12. Buang air kecil yang sangat banyak atau minum sangat banyak.

Penyebab lain si kecil mengeluh sakit kepala :

  1. kurang tidur.
  2. kurang cairan.
  3. minum obat-obatan tertentu
  4. makanan atau minuman tertentu (yang mengandung kafein, monosodium glutamat)
  5. terlambat makan
  6. melihat komputer atau menonton televisi terlalu lama
  7. perjalanan darat yang cukup lama
  8. mendengar suara terlalu kencang dalam jangka waktu lama
  9. menghirup asap rokok
Share.

No Comments

    • Dear sir awing,
      terima kasih banyak atas pertanyaan anda. Anak anda umur berapa? sudah berapa merasakan sakit kepala seperti ini? apakah ada gejala lain yang menyertai ?
      penyebab sakit kepala pada anak dapat bermacam-macam, jika anak anda nyeri hebat sekali, dapat diberika paracetamol atau ibuprofen sesuaikan dengan dosis anak anda, obat ini dapat mengurangi sakit kepala hebat yang dirasakan anak anda.
      Jika nyeri tidak teratasi dengan baik, maka segera periksakan ke dokter. terima kasih, semoga bermanfaat.

  1. Anak saya sesudah lebaran terkena diare sampai skarang dan anak saya juga terlihat sakit kepala terus2 ansampai2 kepalany tidak mau di pegang, kira2 apa solusi yg tepat dan bgaimana penangananny?

    • Dear Euis, terima kasih atas pertanyaannya..
      Apakah anak anda ada demam sebelumnya? Apakah nyeri kepala pernah dirasakan sebelumnya? Atau ada tanda-tanda muntah dan gangguan pencernaan lain? Berapa usianya? Saran saya, segera periksa kan ke dokter yah.. Penyebab nyeri kepala anak juga betmacam2, jika sudah menganggu aktivitas dan Cukup lama sebaiknya diperiksakan ke dokter agar tahu penyebabnya.. Semoga cepat sembuh. 🙂
      Terima kasih.

  2. anak aq beberapa hari sering mengeluh pusing sdh kedokter umum kata x cmn kurng darah,,obat sudah habis tpi masih sj sering merasa pusing,,solusinya gimana??

  3. Anak saya usia 5 tahun, lagi serius menggambar tiba2 mengeluh kepala sisi kanan nyeri mendadak, katanya rasanya seperti terbentur. Nyeri berlangsung sekitar 5 mnt dan berangsur2 hilang, setelah itu dia kembali melanjutkan aktivitasnya, ini kali kedua dalam minggu ini. Anak saya sgt aktif, jarang mau beristirahat siang (tidur) sekalipun dipaksa,..
    Apakah ini karena kurang istirahat atau karena gejala penyakit lain?
    Terima kasih.

    • Dear Mulyana, terima kasih banyak atas pertanyaannya.
      sakit kepala pada anak perlu dievaluasi jika kejadian ini berulang terus dan berkala,.
      sebaiknya periksakan anak anda ke dokter ahli neurologi anak jika keadaan ini semakin berat dan sering.

  4. tiyas puriyandari on

    putra saya usia 4,5thn. selama seminggu ini setiap hari mengeluh pusing di bagian kepala depan samping kanan kiri dan sekitar dahi. tapi aktivitas dan juga pola makan masih seperti biasanya, aktif dan makan juga banyak. mohon informasinya bila mau konsultasi ke dokter apa? dan bila minum obat apa?

    • rusmalia salman on

      Ibu Tiyas,
      Maaf baru bisa dijawab mengingat banyaknya ‘antrian’ pertanyaan yang masuk ke redaksi Anakku. Semoga putranya sudah membaik ya. Tapi ada baiknya diketahui bahwa kepala pusing bisa disebabkan banyak hal, antara lain akibat benturan (trauma), infeksi psikologis, atau mungkin miopia pada mata (gangguan penglihatan). Saran saya, bila ini terjadi, bawa ke dokter anak untuk pemeriksaan lebih lengkap dan bisa segera diatasi.
      sumber: Dr,Pustika Efar, Sp.A

  5. anakku umurnya 8thn.dia suka ngeluh sakit kpala tpi masih aktif main.pernh dbwa kdokter tpi ktanya krena tlt mkn.tpi terahir ini dia ngluh lgi sakit kpla mlh sampai mlm bangun dri tdurnya krena sakt kpla&langsung muntah.tdi pgi jga msh sakit &muntah lagi sampai dia tak seaktif biasanya.sdah dbwa k dkter jga tpi msh blm menunjukan perkembangan ..gmna solusinya ya krena saya sebnarnya takut ..

  6. Anak saya sudah dua hari mengalami sakit kepala..dia lemas banget..sebelumnya anak saya muntah…tapi cuma sekali..selanjutnya dia sakit kepala ,,,
    anak saya kenapa??

    • rusmalia salman on

      Selamat siang Bu Ariel,
      Mohon maaf bahwa jawaban saya kurang memuaskan. Data usia, jenis kelamin, lama keluhan sakit kepala dan karakteristiknya tentu diperlukan untuk mengetahui kemungkinan penyebab sakit kepala. Selain itu perlu diperiksa dengan detil adakah tanda2 kelainan persarafan melalui pemeriksaan fisis langsung oleh dokter.
      Saya sarankan segera membawa anak ke dokter ya Bu.. agar dapat diperiksa lebih lanjut.
      (dr.Pustika Efar Sp.A)

  7. Anak qu usia a 8 thn,sering kali mengalami sakit kepala dan muntah2, kejadian ini sudah berlangsng kurang lbh hmpir 6 bln, krna setiap merasa sakit saya beri obt skit kpla ,tetapi hingga kini sakit a kok hk berangsu pulih,saya mohon petunjuk nya gan….trima kasih

Leave A Reply

Exit mobile version