Bayi tumbuh gigi, jangan panik!

11
Bayi mungil Anda, yang biasanya manis, tiba-tiba menjadi suka menggigit-gigit semua benda, meneteskan air liur, dan membuat Anda harus bangun sepanjang malam untuk menggendong dan menenangkannya. Yang membuat Anda lebih panik adalah badannya juga teraba hangat! Jangan buru-buru membawanya ke rumah sakit karena mungkin saja ia sedang tumbuh gigi pertama. Berbagai mitos yang berkaitan dengan tumbuhnya gigi sering kita dengar, misalnya tumbuh gigi dapat disertai demam, menangis terus-menerus, pilek, kemerahan di kulit, bahkan diare. Benarkah semua yang kita dengar itu?

 

Perkembangan gigi

Gigi yang sehat sangat penting bagi kesehatan anak secara keseluruhan. Tanpa adanya gigi, anak tidak akan bisa makan dan berbicara dengan baik. Gigi mulai terbentuk di bawah gusi saat bayi Anda masih di dalam kandungan. Gigi pertama biasanya tumbuh saat bayi berumur 5-7 bulan, namun hal ini bisa berbeda untuk tiap bayi. Beberapa bayi sudah tumbuh gigi sejak lahir, sedangkan pada bayi lain gigi pertama baru tumbuh pada usia 1 tahun. Gigi seri bawah biasanya tumbuh lebih dahulu, diikuti oleh gigi seri atas 4-8 minggu kemudian. Sesudah itu, muncullah gigi geraham dan gigi taring. Pada usia 2,5 tahun, gigi susu biasanya sudah lengkap yaitu berjumlah 20 buah, termasuk gigi geraham kedua yang muncul pada usia 20-30 bulan. Gigi yang permanen baru akan muncul saat anak masuk Sekolah Dasar yaitu pada usia 6-7 tahun.

Tanda-tanda tumbuh gigi

Bagaimana kita tahu kalau si kecil sedang mengalami tumbuh gigi? Tandanya antara lain gusinya bengkak di tempat gigi tersebut akan muncul. Sebagian bayi merasa sangat tidak nyaman dengan hal ini sehingga cenderung rewel, menangis, menolak makan/minum, dan sering terbangun malam hari, walaupun ada juga bayi yang tenang-tenang saja. Keadaan ini dimulai 3-5 hari sebelumnya dan akan berkurang saat gigi sudah muncul ke permukaan gusi. Bayi memproduksi banyak air liur namun kemampuan untuk menelannya terbatas, sehingga air liur jadi menetes terus dari mulut. Pada saat yang sama, mereka juga suka menaruh benda di mulut dan menggigitnya. Kedua hal ini merupakan bagian dari perkembangan bayi normal, dan tidak selalu berhubungan dengan proses tumbuhnya gigi. Selain itu, bisa juga terdapat demam ringan (kurang dari 38,5oC).

Lima tanda bayi tumbuh gigi

  1. Gusi membengkak: Anda dapat melihat sebagian gigi muncul di gusi.
  2. Air liur menetes: Bayi Anda meneteskan air liur seperti keran yang bocor.
  3. Rewel: Si kecil jadi sering menangis dan susah ditenangkan.
  4. Sering terbangun malam hari: Biasanya bayi Anda tidur dengan tenang pada malam hari, namun sekarang sering terbangun dan minta digendong.
  5. Menggigit benda-benda yang dipegang: Si kecil mulai mengunyah apapun yang ada dalam genggamannya.

 

Cara mengatasi

Untuk mengurangi penderitaan si kecil, berikan teething ring atau dot untuk digigit-gigit. Jangan memberikan dot yang dicelupkan ke cairan yang manis karena gulanya akan tertinggal di gigi dan memudahkan bakteri berkembang biak. Benda-benda yang dingin juga bisa menjadi alternatif, misalnya pisang atau jus buah yang telah didinginkan dalam lemari es. Karena ia sedang senang memasukkan benda ke mulut, si kecil jangan ditinggal sendirian untuk mencegah kemungkinan tertelan benda-benda kecil yang bisa tersangkut dalam saluran napasnya. Air liur yang menetes dari mulut bayi perlu dibersihkan supaya tidak timbul kemerahan di kulitnya. Jika demam lebih dari 38,5oC atau kondisi anak tampak berat, mungkin hal ini bukan akibat proses tumbuh gigi dan perlu dikonsultasikan kepada dokter, demikian pula halnya bila terdapat tanda-tanda adanya penyakit lain. Mitos-mitos yang sering kita dengar belum tentu benar. Anak bisa saja terkena infeksi bersamaan dengan proses tumbuhnya gigi. Oleh karena itu, apabila terdapat gejala-gejala selain yang disebutkan di atas, kita perlu waspada. Obat-obatan penurun demam (misalnya parasetamol) dapat diberikan karena biasanya terdapat demam ringan, dan obat ini mempunyai khasiat menghilangkan rasa sakit yang ringan sehingga anak bisa beristirahat kembali. Selain itu untuk membantu menurunkan demam dapat diberikan kompres air hangat dan pemberian minum yang banyak seperti ASI, air putih, jus buah segar, dan makanan yang mengandung banyak air.

Cara mengatasi rasa tidak nyaman

  1. Berikan benda yang dingin: teething ring, jus buah dingin, pisang dingin.
  2. Obat-obatan: Asetaminofen (parasetamol) aman dan efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi Anda, sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak kembali.

 

Perawatan gigi pada bayi

Perawatan gigi yang baik dimulai sejak dini. Sama seperti gigi kita, gigi bayi juga perlu dibersihkan, bahkan sejak gigi pertama tumbuh. Kita seringkali tidak menyadari bahwa waktu yang paling tepat untuk menggosok gigi adalah sehabis makan dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi khusus bayi yang lembut dan oleskan sedikit pasta gigi anak-anak. Jangan membiasakan memberi makanan yang manis pada bayi karena gula yang tertinggal dapat meningkatkan risiko karies gigi. Hal yang sama juga bisa terjadi akibat kebiasaan membiarkan botol susu tetap berada di mulut bayi saat ia tertidur.

Kapan harus ke dokter?

Berikut ini keadaan-keadaan yang membuat anak perlu dibawa berkonsultasi ke dokter, baik yang berhubungan dengan tumbuhnya gigi pertama maupun gigi anak secara umum:

  • Demam lebih dari 38,5oC yang berlangsung lebih dari 1 hari
  • Tanda-tanda penyakit lain, misalnya sering menarik-narik telinga (sebagai tanda telinganya sakit), diare berat, dermatitis popok berat, dan sebagainya
  • Gigi pertama belum tumbuh pada umur 12 bulan
  • Terlihat tanda-tanda kerusakan gigi (karies gigi)
  • Gigi permanen tumbuh di saat gigi susu belum tanggal, sehingga terdapat dua barisan gigi
  • Terdapat kelainan di rahang atau mulut (misalnya rahang kecil, sumbing langit-langit)
  • Mengalami cedera di daerah muka yang mencederai gigi atau gusi

 

Referensi:

  1. Tinanoff N. Periodontal Diseases. Dalam : Behrman RE, Kliegman RM, Jenson HB. Nelson Textbook of Pediatrics, edisi ke-17, Philadelphia : WB Saunders, 2004, h. 1212.
  2. American Academy of Pediatrics (AAP). Tooth development. ttp://www.aap.org/pubed/ZZZKRYYXA7C.htm?&sub_cat=11
  3. Kidshealth Organization. The teething process. http://kidshealth.org/parent/general/teeth/teething.html

 

Share.

About Author

  • http://www.facebook.com/rika.thomi Rika Thomi Andriyani

    anak ku barusan mengamalami tmbuh gigi seri atas yang kedua dengan hebat. panas, rewel, nangis, sulit tdur masa masa yang sulit dilalui anak ku. tp alhmd saat ini anak ku sdh sehat. skrg giginya diusian blm genap 8 bulan, giginya sudh empat.

  • yulianti

    dok koment dong anak aq usianya 15 bulan tapi pẻrtumbuhan giginya yang atatas 2 dan yang bawah 2 gimana ya dok agar giginya tumbuh banyak

    • http://www.anakku.net octyvani

      Masih dalam batas wajar kok Bunda.. sabar ya menunggunya. yang penting tetap jaga kebersihan mulut si kecil, minum susu, dan kunjungi dokter gigi anak secara berkala 6 bulan sekali. :)

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Masih dalam batas wajar kok Bunda.. sabar ya menunggunya. yang penting tetap jaga kebersihan mulut si kecil, minum susu, dan kunjungi dokter gigi anak secara berkala 6 bulan sekali. :)

  • Adelina Soares

    Dok, anak saya baru berusia 7 bulan. baru baru ini giginya tumbuh dua di bagian depan bawah dan dia menggalami sakit prut yang tidak terlalu parah. pertanyaan saya apa ada kemungkina anak tumbuh gigi dan mengalami gejalah sakit perut?apa sebabnya?

    makasih atas jawabanya

    Ibu Ade dari TImor Leste

  • deyshe

    Dok, anak saya berusia 1tahun 5bulan, gusi giginya mengalami pembengkakan ( bukan hanya digusi bagian gigi geraham atas & bawah saja tetapi digusi bagian gigi taring juga ) dy sudah panas turun selama 1 minggu ini & gak mau makan sama sekali sehingga nafasnya pun menjadi bau, apakah ada obat yg bisa membuat rasa sakitnya hilang ( kasian dy jadi rewel nangis truz & gak bisa tidur dengan pulas ) mohon jawabannya…….tq

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Bunda Deyshe,
      Nafas bau biasanya karena ada pertumbuhan kuman berlebihan dalam mulut. Hal ini diatasi dengan menjaga kebersihan mulut, yaitu menyikat gigi secara teratur. Tapi, bila hal ini sudah dilakukan, namun masih tidak membaik, perlu dibawa ke dokter gigi agar diobati. Obat antinyeri seperti parasetamol yang dijual bebas dapat diberikan, namun harus sesuai dosis yang tepat.

  • ita unashria

    Anakku umur 5 ¹/² bln.
    Saat ini lg panas.
    Dlm sminggu ini,ini panas yg ke 2X nya.
    Anakx minta d gendong terus.
    Tp klo di ajak bercanda msih bs ngrespons,& msh bs ngoceh2 sndri.
    Sama pilek jg…
    Kira2 apa ya penyebabx ?
    & apa saran buat saya.
    Mohon d balas, karna saya ibu baru & lg panik nih skrg.
    Trima ksih….

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Ibu Ita,
      panas artinya ada infeksi dalam tubuh anak. Bila panas berulang, seharusnya segera ke Dokter, apalagi bila anak terlihat tidak bugar. Ibu tidak perlu panik, namun pergi ke Dokter tidak boleh ditunda.

  • nadia valerie maulida

    Sore dok,,anak saya demam udh 3 hari ini,kmarin panasnya sampe 39,5 dok,gusinya bengkak,trus udh di bawa k dokter dan di kasih obat parasetamol,sama antibiotik cefspan apa aman ya dok bayi umur 9 bulan di kasih antibiotik,?sampe skarang 3 hari ini anak saya masih demam 38,0..apa itu termasuk gejala tumbuh gigi ya dok,,trus kapan anak saya sembuh dari demamnya??apa anak saya harus cek leb takutnya kena dbd….pleace dok infonya

  • Riza Lismawati

    anak saya 17bln gigi taringnya mulai tumbuh. pada 2 hari pertama demam, namun setelah demamnya turun jadi tidak mau makan dan minum susu… mohon solusinya.. karena sdh 2 hari ini tidak mau susu sama sekali