Terlalu Sering Makan Junk Food. Efeknya ?

Terlalu Sering Makan Junk Food. Efeknya ?
Junk food !  Wah sudah pasti semua orang pernah merasakan jenis makanan yang satu ini.

 

Selain rasanya yang lezat dan enak, praktis, harganya pun tidak terlalu mahal. Tapi sebenarnya apa sih junk food itu dan apa saja jenisnya?

Junk Food adalah kata ‘slang’ untuk makanan dengan kandungan nutrisi yang rendah. Biasanya junk food mengandung kadar garam, gula, lemak atau kalori yang tinggi, tetapi rendah nutrisi, yaitu rendah mineral, vitamin dan juga serat. Junk food biasa dikonsumsi karena harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan makanan sehat, selain itu rasanya juga lebih lezat dan enak.

 

Beberapa contoh junk food adalah camilan yang diberi tambahan garam, gula, lemak termasuk bahan tambahan pangan atau aditif sintetik untuk menimbulkan citarasa (seperti MSG).

Apa saja jenisnya ?

  1. Minuman ringan yang mengandung kafein dan banyak gula.
  2. Ice cream, walaupun memiliki nutrisi tetapi ice cream penuh dengan gula dan lemak.
  3. Minuman buah buatan, biasanya dalam minuman ini mengandung gula dan air dengan tambahanzat perasa dan pewarna buatan, dan hanya memiliki sedikit kandungan buah asli.
  4. Kentang goreng. Walaupun terbuat dari kentang, tetapi jenis makanan yang satu ini mengandung banyak lemak dan tinggi garam, karena cara pengolahannya di goreng dan diberi garam.
  5. Burger, fried chicken, berbagai jenis permen ataupun biskuit bisa dikategorikan juga sebagai junk food.

Junk food dan kesehatan

Junk food berpotensi menimbulkan berbagai penyakit seperti obesitas, kavitas atau gigi berlubang, hipertensi atau tekanan darah tinggi bahkan stroke sekalipun. Kok bisa makanan menimbulkan penyakit? Kita simak beberapa kandung makanan yang biasanya ada dalam junk food, dan mempunyai potensi menimbulkan penyakit:

1. Gula

Kandungan gula yang terdapat dalam junk food, dapat merusak gigi dan menyebabkan terjadinya kavitas atau gigi berlubang. Selain itu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula juga membuat kadar insulin dalam tubuh tidak stabil  dan memicu terjadinya penyakit kencing manis di kemudian hari.

2. Kalori

Junk food menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan karena nilai kalori yang tinggi. Obesitas juga akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kencing manis, jantung, pembuluh darah, dan stroke.

3. Lemak

Makanan tinggi lemak, terutama lemak jahat yang terdapat dalam junk food dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah dan meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah oleh plak lemak (aterosklerosis), tekanan darah tinggi, jantung dan kanker dikemudian hari

4. Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat memicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi di masa yang akan datang.

5. Pengawet/pewarna buatan dan MSG

Zat pewarna dan pengawet buatan dapat merusak persarafan dan meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker, juga dapat membuat anak menjadi hiperaktif. Sedangkan pemakaian MSG (mono sodium glutamat) atau penyedap rasa, yang biasanya terdapat dalam junk food dapat memberikan efek samping seperti: kemerahan pada kulit, sakit kepala, mual-muntah, gejala asma, sesak napas serangan panik, jantung berdebar, kejang atau depresi.

6. Hormon

Antibiotik yang terkandung dalam daging junk food dapat mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh, sisten reproduksi bahkan dapat menyebabakan kanker.

 

womenshealthtips.us

Tips untuk menghindari junk food

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghindari junk food, salah satunya dengan cara cobalah memilih makanan yang sehat dan bernutrisi daripada memilih makanan junk food. Seperti tabel berikut ini :

 

Daripada

Lebih baik

Ice cream Yoghurt atau sorbet
Minuman kaleng Air putih, jus buah, air jeruk nipis
Donat, kue manis Roti gandum dengan selai buah asli
Sereal berlapis gula Sereal gandum, buah
Kentang goreng Kentang rebus
Sup krim instant Sup bening (bisa berisi wortel, kentang, dll)
Makanan kaleng Makanan segar
Fried chicken Ayam kampung tim
Burger Tahu, tempe

Referensi :

  1. O’Neill, Brendon (27 November 2006). “Is this what you call junk food?”. BBC News. http://news.bbc.co.uk/2/hi/uk_news/magazine/6187234.stm. Retrieved on 27 November 2006.
  2. Moss, Lyndsay; Erikka Askeland (2009-01-02). “Recipe for success? Salt and fat, admits McDonald’s chief”. The Scotsman. http://news.scotsman.com/latestnews/Recipe-for-success-Salt-and.4837970.jp. Retrieved on 2009-01-27.

 

  • Wel Lydya

    Hindari junk food, makan produk pangan lokal, :-)