Cara Mudah Meredakan Batuk Anak

6
Batuk pada anak seringkali mengganggu. Anak menjadi sulit tidur, sulit bernapas, aktivitas terganggu dan terkadang muntah. Berikut beberapa tips untuk membantu meredakan batuk dan pilek pada anak :

1. Berikan madu.Pada penelitian AAP tahun 2008, madu dapat meredakan batuk anak di malam hari dan kesulitan tidur akibat infeksi saluran napas. Berikan madu ½ sendok teh pada anak usia 2-5 tahun, 1 sendok teh pada anak usia 6-11 tahun dan 2 sendok teh pada anak > 11 tahun. Ingat, madu tidak boleh diberikan pada anak usia 1 tahun karena dapat menyebabkan infeksi botulisme!

2. Buat larutan garam dengan mencampur ½ – 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat. Teteskan 2-3 tetes pada lubang hidung anak kemudian sedot dengan suction berbentuk lampu pijar (bulb syringe)yang dapat dibeli di apotik. Ini dapat mengurangi sumbatan pada hidung anak. Pada anak yang sudah besar, larutan garam dapat digunakan untuk berkumur, untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

cover story Anakku Agustus 2013

3. Usapkan balsem pada tubuh anak. Balsem yang mengandung camphor, mentol dan minyak eucaliptus dapat meredakan batuk pilek dan membuat anak tidur nyenyak. Balsem tidak boleh diusapkan di bawah hidung.

4. Lakukan fisioterapi dada bila anak terlihat sulit bernapas akibat banyak dahak/slem yaitu dengan cara baringkan anak dengan posisi tengkurap, usahakan kepala lebih rendah dari kaki, kemudian tepuk-tepuk punggung anak dengan lembut. Cara ini dapat membantu mengencerkan serta mengeluarkan dahak.
Kunjungi dokter bila batuk/pilek berlangsung lebih dari 1 minggu, terdapat sesak atau kesulitan bernapas, muntah, dan demam tinggi.

Sumber:

  1. Korioth T. Simple remedies often best for common cold in young children. 10.1542/aapnews.20113212-32d.
  2. Caring for a child with a viral infection. www.healthychildren.org
Share.

About Author

  • ami

    Ank saya umr 3th.. sring batuk pd mlm hr stiap mkn wafer trs btk mlm y ank saya btuk apa dok

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear bunda Ani, penyebab batuk anak bisa bermacam-macam, batuk kadang bukan disebabkan oleh penyakit tertentu, tapi merupakan mekanisme tubuh kita untuk mengeluarkan benda asing atau sesuatu yang merangsang pusat batuk di tubuh kita. Jika anak batuk setelah makan wafer atau jenis makanan ringan, mungkin jenis makanan ini merangsang pusat-pusat batuk pada anak, atau tenggorokannya terasa gatal, ada baiknya hindari makan-makanan jenis ini pada malam hari dan saat batuk berikan air putih yang banyak. semoga bermanfaat :)

  • Asti Puji

    dok, anakku 17 bulan,,, dari usia 8 bulan sudah di vonis asma , karna sering sesak, kadang batuk di malam hari disertai muntah karna gatal ditenggorokan,,, solusinya apabila terjadi sprti itu untuk pertolongan pertama dirumah sblm ke dokter apa saja yang mesti sya berikan untuk anak sya ,, trims dok

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Dear Asti Puji, penegakkan diagnosis asma membutuhkan penilaian yang cermat oleh dokter. Ada baiknya periksakan ke dokter spesialis anak anda. jika di keluarga anda memang memiliki riwayat asma, anak ada juga memiliki kemungkinan untuk asma nantinya. Pada anak usia kurang dari 5 tahun, penyebab sesak nafas disertai batuk juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran nafas atas.
      solusinya, pertama, jika anak memiliki riwayat alergi terhadap pencetus batuknya, disarankan untuk menghindari faktor pencetusnya, seperti debu, atau jenis makanan tertentu. Sesak nafas pada anak bisa disebabkan oleh saluran nafas yang menyempit atau adanya sumbatan seperti lendir, jika penyebabnya adalah lendir, berikan anak anda air hangat untuk membantu mengeluarkan lendir anak. Atau anda dapat melakukan cara fisioterapi untuk membantu mengerluarkan dahak anak, yang sudah dijelaskan di artikel ini. Jika sesak nafas masih berlanjut, dapat segera dibawa ke dokter. semoga bermanfaat :)

  • dewi fadjar sariningtyas

    saya umur 13 tahun,suara saya hilang sebelumnya sempat batuk berdahak sama pilek ,padahal 4 hari lagi saya lomba pidato,gimana solusinya dok?

    • http://www.anakku.net/ Anakku Magz

      Hai Dewi, terima kasih atas pertanyaannya. jika suara hilang, kemungkinan ada lendir yang masih menempel di pita suara dengan adanya proses peradangan pada bagian pita suara. ada baiknya segera periksakan ke dokter yah. minum air hangat yang banyak, hindari makanan yang berlemak atau goreng-gorengan, dan istirahat yang cukup. semoga cepat sembuh