Month: November 2007

ribut.jpg
Kesulitan sering terjadi saat orang tua kuatir akan apa,
berapa banyak dan kapan waktu anak harus makan. Jangan membuat keributan saat
makan. Anak anda sedang mencoba untuk menjadi 
independen, mereka mengerjakan sesuatu atas kemauannya – bukan kemauan
anda. Santailah dan terima apa yang mejadi pilihan anak. Saat ia menjadi lebih
besar, ia akan lebih mudah mengikuti apa yang anda inginkan.

kolik-bayi.gif”Dok, napas anak saya bunyi dan kalau diraba seperti ada getaran, bahaya tidak dok, saya takut ada flek paru”  Banyak orang tua yang khawatir bila anaknya mengalami keluhan ini, bila tidak diluruskan, orang tua seringkali shopping ke banyak dokter karena khawatir.

Chesty child adalah suatu istilah yang longgar untuk menggambarkan seorang bayi/anak yang tampaknya mudah sekali mengalami gejala di saluran napas, atau disebut chestiness. Gejala pernapasan ini berupa batuk, mengi (napas ngik-ngik), stridor, napas berbunyi (noisy breathing) atau ‘sekedar’ napas grok-grok. Fenomena ini cukup sering dijumpai dalam praktek sehari-hari, sayangnya kita tidak mempunyai padanan kata yang tepat. Karena ini merupakan istilah longgar dapat diterapkan dari neonatus dengan napas grok-grok hingga anak-anak yang mengalami keluhan batuk kronik berulang. Biasanya mulai bergejala sejak umur sangat muda hingga awal usia sekolah.

 

bayi-hari-pertama.jpgGagal tumbuh merupakan pertumbuhan fisik si kecil yang secara nyata dibawah sebayanya, hal ini sering berhubungan dengan fungsi kognitif (si kecil mernjadi kurang pintar) dan perkembangannyapun juga tidak baik. Gagal tumbuh paling sering terjadi pada 3 tahun pertama dari kehidupan si kecil. Penyebab gagal tumbuh sangat kompleks.

malas-makan.jpg

Problema sulit makan umumnya dialami anak di usia balita—terutama 1-4 tahun. Banyak hal yang menyebabkan anak susah makan, namun yang sering terlupakan adalah bahwa makan bukan hanya pemenuhan gizi tetapi dari sisi anak terkait dengan rasa ingin tahu, berlatih, belajar, dsb.