Month: August 2008

Satu di antara 10 anak berumur 2-3 tahun senang menggigit. Jadi masih normal? Walaupun banyak anak yang melakukannya, menggigit sangat mengganggu dan bisa membahayakan yang digigit. Orang tua harus mencegahnya sejak awal ia terlihat senang menggigit.
Banyak penyebab anak suka menggiit. Beberapa di antaranya:

Istilah medisnya adalah nocturnal enuresis.  Dimana-mana ada anak mengompol, jumlahnya sangat banyak. Mengompol dapat menyebabkan anak merasa tertekan, rendah diri, dan berbeda dengan temannya. Mengompol dapat menyebabkan anak menghindari aktivitas sosial misalnya berkemah atau menginap di rumah teman.

Untuk mengetahui adanya gangguan pendengaran karena kerusakan saraf pada bayi yang mengalami CMV, telah dilakukan penelitian terhadap 14.021 bayi yang lahir di Brussel, antara Juni 1996 sampai Nopember 2006. Pemeriksaan darah terhadap CMV dilakukan terhadap ibu, sedangkan bayi diperiksa CMV dalam urine pada 7 hari pertama kehidupan.

Minum jus buah secukupnya tidak membahayakan. Tetapi harus diingat bahwa jus buah mengandung kalori yang tinggi. Jadi bila terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pilihlah jus buah murni, jangan yang menggunakan pemanis. Jus buah mengandung vitamin C, kalsium dan lain-lain. Anak yang tidak suka makan buah akan mendapat manfaat dari jus buah.